Breaking News

4 Jenis atap kanopi

4-Jenis-atap-kanopi
4 Jenis atap kanopi-Mengingat fungsi carport untuk melindungi kendaraan, maka pembuatannya pun harus memperhatikan beberapa elemen penting agar fungsinya juga maksimal. Misalnya saja, pada pemilihan bahan material yang akan digunakan untuk kanopi carport.

Dalam penggunaan material kanopi carport ada baiknya disesuaikan dengan desain karport dan desain rumah itu sendiri. Konsep yang dibuat juga harus selaras karena letaknya yang menyatu dengan fasad rumah, sehingga carport akan nampak harmonis dan menyatu dengan rumah.

Dalam pemilihan kanopi, hal yang paling penting adalah rangka yang kuat, ringan dan tahan akan cuaca apapun.Jenis bahan rangka yang umum di gunakan saat ini adalah Besi, Stainless, dan Baja Ringan.

Selain rangka jenis atap kanopi nya pun harus sangat di perhatikan,ada beberapa jenis atap yang umum di gunakan untuk atap kanopi khusus nya kanopi garasi atau kanopi carport.

Berikut ini merupakan berbagai jenis material yang bisa Anda gunakan pada kanopi carport.

4 Jenis atap kanopi

1. Jenis Atap Kanopi Alderon (roof toof)

4-Jenis-atap-kanopi

Atap Rooftop adalah atap uPVC ( unplasticizide Polyvinyl Chloride ) yang akhir-akhir ini menjadi tren pada bangunan-bangunan berkualitas di Indonesia. Dengan menggunakan Rooftop, tidak diperlukan lagi insulasi penahan panas dan suara berisik. 

Konstruksi rongga udara twin wall Alderon Deck/Rooftop berfungsi ganda untuk menahan panas dan juga kedap suara di saat hujan. Konstruksi Rooftop sangatlah kuat, dengan kemampuan menahan beban sampai dengan 150 kg.

Atap Alderon/Rooftop tidak akan pecah meski di injak dan dilompati diatasnya.


Keunggulan  Atap PVC

- Ruangan di dalam sejuk tanpa perlu insulasi
- Rongga udara twin wall semakin mengurangi panas
- tidak akan berkarat selamanya, tahan terhadap asam dan garam
- anti bocor
- lapisan anti-UV
- tidak menjalarkan listrik
- hemat rangka dan gording
- telah umum dipakai di eropa dan negara-negara Asia lainnya
- Tersedia dalam tipe Solid ( 0% tembus cahaya) dan semi transparan ( 20% tembus cahaya)
- Garansi 10 tahun
- Sangat kuat, tidak akan pecah meski diinjak
- Menggunakan interlock system
- Tahan terhadap asam dan garam
- Kedap suara ( tidak berisik) saat hujan
- Warna: biru, putih
- Lebar efektif : 0.77 Mtr

Aplikasi:

- atap gudang dan pabrik
- peternakan dan agrikultur
- rumah
- penghubung jalan
- garasi dan canopy
- teras
- dll


Contoh gambar kanopi alderon
4-Jenis-atap-kanopi

2.Jenis atap Kanopi Kaca

4-Jenis-atap-kanopi

Kanopi dengan bahan kaca tentu lebih memungkinkan cahaya matahari menembus ke dalam. Bentuknya yang transparan dan ringan membuat kaca mudah pecah sehingga pada umumnya pemasangan kanopi kaca dipasang rangkap dua. Maksud dari hal ini adalah jika kaca tertimpa benda dari atas hanya akan mengalami retak. Pastikan juga dalam pemasangan kaca telah benar.

Contoh Gambar Kanopi Kaca
4-Jenis-atap-kanopi


3.Jenis Atap Kanopi Polycarbonate

4-Jenis-atap-kanopi

Material yang terbuat dari polikarbonat lebih berkarakter ringan dan sangat cocok digunakan pada rumah yang bertema modern. Material berjenis polikarbonat memiliki bahan lembaran plastik yang mempunyai rongga untuk menyerap sinar matahari. Biasanya polikarbonat diberi sealant dan disekrup pada balok rangka atap. Fungsi dari sealant ini untuk melindungi bahan dari rembesan air hujan.
Contoh Gambar Kanopi pollycarbonate
4-Jenis-atap-kanopi

4.Jenis Atap Kanopi Spandek 

4-Jenis-atap-kanopi

Atap spandek adalah atap yang terbuat dari alumunium dan seng. Beberapa produsen juga acapkali
menambahkan silikon untuk meningkatkan kelenturan dari atap tersebut. Adapun perbandingan komposisi yang umum dipakai untuk membentuk atap spandek misalnya alumunium 55 persen, seng 43 persen, dan silikon 2 persen.

   Campuran dari ketiga bahan di atas dapat menghasilkan suatu jenis atap rumah yang gampang dibentuk, kokoh, dan awet. Di samping itu, bagian permukaan atap spandek juga sengaja dibuat sedemikian rupa agar mudah ditempeli cat sehingga proses pengecatannya dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Hal inilah yang menjadikan atap spandek cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan manufaktur dan bangunan.

  Atap spandek biasanya diaplikasikan sebagai penutup atap pabrik, gudang, ruko, mall, dan lain-lain. Ukuran ketebalan atap yang tersedia di pasaran berkisar antara 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, dan 0.5 mm. Sedangkan ukuran lebar bentangannya pun sangat bervariasi. Begitu pula dengan pilihan warnanya yang juga beragam mulai dari hitam, putih, abu-abu, biru, merah, hijau, cokelat, kuning, jingga, dan ungu.

 Soal daya tahannya, atap spandek sering diklaim sebagai salah satu material yang paling awet. Rata-rata kekuatan atap ini sanggup bertahan hingga lebih dari 20 tahun. Perpaduan antara seng dan alumunium juga membuat atap spandek memiliki sifat yang antikarat.

Tetapi di sisi lain, daya serapnya terhadap sinar matahari juga relatif tinggi. Area yang ditutupinya pun akan terasa lebih gerah sehingga kurang pas bila diaplikasikan pada hunian rumah tinggal. Hal ini terjadi mengingat bahan dasar pembentuk atap spandek yang notabene logam merupakan konduktor yang baik.

  Ukuran tingkat ketebalannya yang cukup tipis juga sering menimbulkan risiko lain. Contohnya jika tidak sengaja terinjak, maka atap spandek ini gampang melengkung. Sehingga mau tidak mau Anda wajib mengerjakan proses pemasangan atap spandek dengan sangat hati-hati.

Contoh Gambar Kanopi Spandek
4-Jenis-atap-kanopi


Jika anda berminat membuat kanopi rumah, Anda bisa berkonsultasi dengan tim Arbainlas melalui telp/wa/email. Anda akan mendapatkan saran desain,bahan, dan harga terbaik untuk kebutuhan rumah Anda.
Arbainlas melayani pembuatan kanopi, pagar, teralis,pintu,railing,tangga, konstruksi besi baja, dll dengan harga murah terjangkau berkualitas dan bergaransi dikerjakan oleh tukang tukang berpengalaman lebih dari 10 tahun mengerjakan proyek perorangan dan perusahaan. 
Terimakasih atas kepercayaan dan kunjungan anda di bengkel las terbaik di Jabodetabek.

3 comments:

  1. Terima kasih infonya mas..sy lg bingung cari bahan atap buat aviary/kandang burung agar memungkinkan cahaya bisa masuk maksimal namun air hujan tidak bisa masuk. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kanopi kandang burung agar cahaya maksimal sy saran kan menggunakan jenis solar flat atau acrilyc.....

      Delete
  2. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya.Semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya.Salam Sukses Selalu.Amin
    http://jasacanopy.co

    ReplyDelete