Breaking News

Jenis Besi Nako untuk bahan teralis

Jenis Besi Nako untuk bahan teralis-Besi Nako adalah sebuah besi yang mempunyai bentuk kotak, biasanya dipakai untuk pengaman teralis jendela. Besi nako juga dikenal dengan sebutan virkant. Dahulu sebelum besi nako digunakan menjadi pengaman pada teralis jendela, ternyata besi nako sudah dipakai pada jendela kaca yang bisa dibuka dan ditutup. Jadi besi nako memang sudah digunakan semenjak lama, namun baru-baru ini nama besi nako menjadi populer dengan kehadiran produk-produk bertema minimalis.
Ternyata besi nako tidak hanya berbentuk kotak saja, namun ada juga yang bulat dan berulir.

Mari kita sedikit mengenal beberapa jenis besi nako dibawah ini:

Jenis-Besi-Nako-untuk-bahan-teralis
  1. Besi Nako Biasa / Kotak
    Besi ini umumnya menjadi bahan utama teralis jendela minimalis. Bentuk kotaknya akan menambah kesan minimalis pada rumah Anda. Besi ini sangat cocok dengan cat berwarna hitam maupun putih polos, tergantung dari warna cat rumah Anda.
  2. Besi Nako Giles
    Bentuk dari nako ini masih kotak seperti besi nako biasa, namun besi ini terdapat motif berupa tonjolan-tonjolan kotak yang seragam. Besi ini masih cocok dipasang di rumah model minimalis, namun lebih baik dipakai untuk pemasangan teralis jendela pada rumah mewah. Selain itu, cat yang dipakai pada besi ini sebaiknya bukan cat polos, namun cat yang berkarakter seperti cat tembaga.
  3. Besi Nako Ulir
    Bentuk dari besi ini adalah yang paling berbeda dengan yang lain, bentuknya bulat dan berulir. Nako ulir bisa saja dibuat sendiri dari besi nako biasa / kotak, namun hal ini akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, para penyedia jasa bengkel las membeli langsung besi jenis ini ditoko besi. Akan lebih murah dan terjangkau dibandingkan membuat uliran sendiri. Besi ini umumnya dipakai pada aplikasi teralis jendela, pintu besi dan pintu pagar model tempa. Cat yang paling cocok dipakai pada besi adalah cat berwana tembaga. Berikut adalah gambar dari nako ulir:
Jenis-Besi-Nako-untuk-bahan-teralis
Setelah Anda mengetahui beberapa jenis besi nako, akan lebih baik jika Anda mengetahui berapa ketebalan besi nako agar Anda bisa menentukan sendiri berapa ketebalan besi pada teralis jendela maupun pada pesanan yang lain.
Dimensi besi nako sendiri yang umum di pasaran  mempunyai range dari 8.0 mm ~ 19.0 mm. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel di bawah ini:
Ukuran (mm) Section Area (cm2) Unit Weight (Kg/m)
8.0 x 8.0 0.64 0.503
10.0 x 10.0 1.00 0.785
12.0 x 12.0 1.44 1.131
16.0 x 16.0 2.56 2.010
19.0 x 19.0 3.61 2.834
Demikian artikel mengenai jenis besi nako, semoga menjadikan manfaat bagi Anda.baca juga artikel Besi hollow Terimakasih

No comments